RSUD Jati Padang Edukasi Warga Pentingnya ASI Eksklusif

By Al


nusakini.com - Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengadakan sosialisasi dan edukasi terkait air susu ibu (ASI) eksklusif dan inisiasi menyusui dini (IMD). Kegiatan diikuti sebanyak 50 orang ibu menyusui dari wilayah setempat. 

Kepala seksi Pelayanan Medis RSUD Jati Padang, Yenny Nariswari Harumansyah mengatakan, kegiatan diadakan bertepatan dengan World Breastfeeding Week (WBW) atau Pekan ASI Internasional.

"Kegiatan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari kaum ibu. Kami menghadirkan narasumber yang merupakan konselor ASI dan dokter kandungan dari RSUD Jati Padang," ujarnya

Yenny menjelaskan, materi yang diberikan berupa informasi mengenai ASI eksklusif, inisiasi menyusui dini (IMD), persiapan hamil, kontrol kehamilan, dan kelahiran.

"Kami juga memberikan pengertian ASI yang merupakan usaha bersama keluarga, mengungkap mitos, fakta soal menyusui, dan praktik cara menyusui yang baik dan benar," terangnya. 

Konsultan ASI RSUD Jati Padang, Diana Sari menambahkan, selain memperingati WBW, Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan orang tua dan meningkatkan angka pemberian ASI eksklusif kepada anak-anak di Jakarta.

"Kami sampaikan itu perlu usaha bersama, karena angka pemberian ASI eksklusif masih 30 persen, selebihnya masih banyak yang mengandalkan pengganti ASI. Semoga ke depan warga semakin peduli pentingnya ASI," ungkapnya.

Sementara, salah seorang ibu peserta sosialisasi asal kelurahan Ragunan, Siska Amelia Putri mengungkapkan, edukasi hari ini banyak memberikan pengetahuan untuk kaum ibu dan pasangan muda yang baru memiliki seorang anak. 

"Saya kebetulan seorang bidan dan ibu menyusui. Materi yang diberikan sangat bermanfaat, terutama untuk pasangan muda," tandasnya.