Roy Keane Dorong United Depak De Gea

By ommed


nusakini.com - Legenda Roy Keane berpendapat, bila Manchester United serius ingin merebut trofi Liga Primer Inggris dari genggaman Liverpool musim depan, mereka harus mengganti kiper David De Gea.

Kendati berhasil mencatatkan 13 clean sheet sepanjang musim ini, penjaga gawang Spanyol itu tetap menjadi sorotan karena membuat deretan blunder yang cukup merugikan laju The Red Devils.

Keane menjadi salah satu pihak yang paling vokal dan yakin, pemain Spanyol berusia 29 tahun itu harus dilengserkan dari Old Trafford bila klub membidik gelar juara di musim 2020/21. Kepada Sky Sports, sang legenda mengatakan: "Saya tidak pernah menjadi fan berat dia." 

"Dia terlalu banyak membuat kesalahan, kesalahan-kesalahan penting yang membuat United mengalami kerugian besar," lanjut mantan gelandang sentral The Red Devils itu.

"Kami membicarakan tentang rekrutmen, ini adalah bagian sulit dari permainan. Hanya sebatas opini saya, jika Manchester United ingin bersaing merebut gelar juara liga, mereka perlu kiper yang lebih baik," nilai Keane.

"Mereka perlu sebuah perubahan, mereka telah melakukan itu di masa lalu. Selama bertahun-tahu, Manchester United telah melakukan hal ini," lanjutnya.

"Para striker bisa diabaikan atau dijual, sama halnya dengan para gelandang. Tapi untuk sejumlah alasan, untuk para kiper, mereka berpikir kami harus bertahan dengan sang kiper sedikit lebih lama dibanding yang lainnya karena sesuatu yang dicapainya dua atau tiga tahun lalu. Dalam pertandingan, tidak berjalan seperti itu," urai Keane.

Keane lalu membandingkan problem di sektor penjaga gawang United ini dengan apa yang dilakukan Liverpool ketika mereka berani menebus Alisson Becker dari AS Roma dengan harga yang tidak main-main. Namun hasilnya, The Reds sukses meraih gelar Liga Champions dan Liga Primer dalam dua tahun.

"Kita lihat Liverpool yang sekarang beranjak ke level yang lebih tinggi ketika mereka memperbaiki sektor kiper," ucap Kane, takjub dengan pendekatan transfer yang dilakukan sang rival abadi.

"Apa masalah terbesarnya? Jika terjadi kesalahan, maka buat perubahan. Ada banyak kiper bagus di luar sana," tandas sang legenda, yang mendesak United segera mencari penjaga gawang anyar. (gi/om)