Ronald Koeman Incar Kepelatihan Timnas Belanda

By Admin


nusakini.com - Ronald Koeman tidak sungkan mengakui ambisi menangani timnas Belanda.

Keinginan itu diutarakan kepada Algemeen Dagblad sehari setelah Koeman dipecat dari jabatannya sebagai manajer Everton. Setelah sembilan pekan, The Toffees terdampar di tiga terbawah klasemen Liga Primer Inggris. Performa mereka sama buruknya di Liga Europa dengan melalui tiga pertandingan tanpa kemenangan. Namun, Koeman masih punya ambisi besar. 

"Secara logika, posisi pelatih timnas Belanda merupakan jalur karier saya berikutnya," ujar pelatih 54 tahun itu.

Ini bukan kali pertama Koeman menyatakan minat menjadi bondscoach. Tiga tahun lalu, eks pemain Barcelona dan PSV Eindhoven ini pernah pula menyatakan tertarik meneruskan kepelatihan Louis van Gaal setelah Piala Dunia Brasil. Namun, KNVB menunjuk Guus Hiddink.

"Saya tak pernah menyembunyikan hasrat mencari pekerjaan yang lebih baik. Sepakbola Belanda masih ada di dalam hati saya, apalagi timnas baru saja gagal lolos ke dua turnamen besar secara beruntun," tukas Koeman.

Belanda akan beruji coba menghadapi Skotlandia dan Rumania pada kalender internasional FIFA, pertengahan November. Untuk sementara, tugas pelatih masih diemban oleh Dick Advocaat. Sebelumnya, pelatih veteran itu juga tidak menyembunyikan keinginan melanjutkan kontrak yang sedianya berakhir Desember. (fft/om)