Rizal Ramli: Sistem Politik di Indonesia Perlu Diubah

By Admin


nusakini.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengatakan sistem politik di Indonesia perlu diubah. Hal itu dinilainya merupakan salah satu cara mengatasi persoalan korupsi.

Menurut Rizal, saat ini korupsi cenderung dimulai sejak dari perencanaan yaitu di DPR. Karena itu dia menegaskan, sistem harus diubah terutama dalam hal pembiayaan. "Solusinya partai dibiayai negara," ujar Rizal, pada acara pembukaan konvensi anti korupsi Pemuda Muhammadiyah, di Kantor PP Muhammadiyah, Jumat (17/6/2016). 

Rizal menambahkan, yang perlu dilakukan saat ini yaitu menyetujui terlebih dahulu partai politik dibiayai negara. Dia tidak keberatan meskipun harus mengeluarkan triliunan rupiah untuk membiayai partai politik. Hanya dengan cara tersebut perubahan akan terjadi. Rizal mengatakan jika partai bersih maka diyakini akan memperjuangkan kepentingan rakyat. 

Disamping itu, kata Rizal, diperlukan militansi tinggi untuk melawan korupsi termasuk politik uang. Termasuk semangat yang besar dalam memperjuangkan kepentingan rakyat. 

Rizal menambahkan, gaji kecil yang diterima oleh pejabat negara juga diakuinya menjadi penyebab korupsi. Untuk itu, reformasi sistem harus segera dilakukan. 

Saat ini dia tidak melihat orang idealis menduduki posisi penting. Hal itu dikarenakan tidak adanya tempat bagi mereka. "Sekarang kita demokrasi kriminal. Demokrasi kriminal tidak ada tempat bagi orang idealis," tuturnya.(if/mk).