Rio Ungguli Wehrlein Di Latihan Bebas Pertama GP China

By Admin


nusakini.com - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto mengungguli rekan setimnya, Pascal Wehrlein pada sesi latihan bebas pertama F1 GP China di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat (15/4/2016). Rio bertengger di peringkat 16 sedang Wehrlein di urutan ke-18.

Sementara itu, pebalap Mercedes Nico Rosbergjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama ini, dengan catatan waktu 1 menit 38,037 detik. Posisi kedua ditempati rekan setimnya, Lewis Hamilton, dengan selisih waktu 0,146 detik. Sedang pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menjadi yang tercepat ketiga, terpaut 0,628 detik dari Rosberg.

Sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Internasional Shanghai berlangsung dalam cuaca cerah. Namun, sejumlah insiden mewarnai sesi ini.

Saat FP1 memasuki menit ke-17, juara dunia F1 2015, Lewis Hamilton, sudah mengalami insiden. Mobilnya sempat melintir ke luar lintasan, meskipun kemudian mampu melanjutkan aksinya. Meski demikian, pebalap asal Inggris tersebut sudah memecahkan catatan waktu tercepat FP1 musim lalu. Dia melahap satu lap dengan catatan waktu 1 menit 38,802 detik.

Insiden kedua terjadi pada menit ke-29. Kali ini, menimpa pebalap Williams, Felipe Massa. Ban belakang kiri di mobil Massa meletus dan lepas dari peleknya di Tikungan 6. Insiden ini membuat bendera merah dikibarkan. Balapan harus dihentikan sementara supaya marshal bisa membersihkan serpihan-serpihan ban Massa yang mengotori lintasan.

Menurut investigasi awal tim Williams, ban Massa tidak tertusuk. Oleh karena itu, kru Williams akan menyelidiki penyebab meletusnya mobil ban pebalap asal Brasil tersebut.

Sesi FP1 berlanjut sekitar 10 menit kemudian. Namun, belum genap enam menit mobil Hamilton kembali melintir. Melalui komunikasi lewat radio, Hamilton mengaku merasakan ada sesuatu yang salah di mobilnya.

Sementara itu, Rio Haryanto berhasil merangsek ke posisi ke-13 saat FP1 berlangsung sekitar 45 menit, dengan catatan waktu 1 menit 41,614 detik. Kecepatan tertinggi atau speed trap Rio Haryanto dan rekan setimnya, Pascal Wehrlein juga ada di posisi 10 besar. Kecepatan tertinggi Wehrlein mencapai 329,4 km/jam, sedangkan Rio 326,1 km/jam.

Namun, tak lama berselang, berdera merah kembali dikibarkan. Kali ini, giliran ban belakang kiri Kevin Magnussen meletus. Marshal kembali masuk ke lintasan untuk membersihkan trek. Butuh waktu sekitar 25 menit untuk pembersihan trek, sebelum latihan bebas pertama kembali dilanjutkan.

Sepanjang 10 menit tersisa, Rio Haryanto gagal mempertahankan posisinya di urutan ke-13. Dia melorot ke urutan ke-16, sedangkan Wehrlein dua posisi di belakangnya. (ab)