Rio Miliki Dua Modal Bagus Jelang GP China

By Admin


nusakini.com - Pebalap Manor Racing, Rio Haryanto mengaku punya modal untuk meraih hasil bagus pada GP China yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (17/4/2016). 

Modal pertama Rio adalah keberhasilan masuk finis untuk pertama kali di F1 pada GP Bahrain, 3 April. Pebalap berusia 23 tahun itu menebus kegagalan menyelesaikan lomba sampai lap terakhir pada balapan debut di Australia, 20 Maret. 

"Saya mampu melahap 57 lap di Bahrain. Artinya, kondisi fisik saya kuat untuk balapan dari start sampai finis. Satu hal yang masih harus saya latih adalah kekuatan otot leher," kata Rio. 

Selain itu, Rio juga sudah sangat mengenal karakteristik Sirkuit Shanghai. Maklum, dia sudah sering balapan di sana saat masih tampil di ajang Asian Formula Renault Challenge dan Formula Asia 2.0 pada 2008-09.

"Shanghai merupakan sirkuit yang sangat teknikal, banyak memiliki high speed corner dan punya perbedaan elevasi di beberapa titik. Selain itu, ada juga trek lurus yang panjangnya 1 km dan itu menguntungkan saya karena berdasarkan speed trap mobil saya punya kecepatan yang bagus," ujarnya. 

Rio pernah dua kali naik podium utama di Shanghai. Namun, manajer Rio, Piers Hunnisett, menyebut kesuksesan di masa lalu tak akan berimbas apa pun terhadap balapan nanti. 

"Mobil F1 berbeda dan lebih kompleks. Namun, minimal Rio sudah mengenal Sirkuit Shanghai. Kami berharap pencapaian Rio kembali meningkat pada F1 GP China. Mengalahkan Pascal Wehrlein? Tak mudah, tapi di F1 apa pun bisa terjadi," kata Piers. (ab)