Ribuan Warga India Hadiri Festival Hindu di tengah Lonjakan Covid

By Nad

nusakini.com - Internasional - Puluhan ribu peziarah Hindu telah berkumpul di kota Prayagraj di India utara (sebelumnya Allahabad) untuk sebuah festival di tengah lonjakan besar infeksi Covid-19.

Para penyembah percaya bahwa mandi di sungai Gangga selama festival Makar Sankranti akan membersihkan dosa-dosa mereka.

Pertemuan serupa telah berkontribusi pada gelombang kedua mematikan di India tahun lalu.

Namun pihak berwenang di negara bagian Uttar Pradesh, di mana Prayagraj berada, telah menolak untuk melarang acara tahun ini.

Tayangan TV pada hari Jumat (14/1) menunjukkan orang banyak di tepi sungai ketika para peziarah berdoa dengan sedikit memperhatikan jarak sosial. Saluran berita Hindi ABP melaporkan bahwa lebih dari 70% orang tidak mengenakan masker.

Sebuah kota tenda besar bermunculan di tepi sungai dalam beberapa hari terakhir untuk menampung para peziarah dan pihak berwenang mengatakan lebih dari 5.000 polisi dikerahkan untuk mengatur kerumunan.

Ketua Menteri Yogi Adityanath telah mengimbau masyarakat untuk mengikuti semua protokol Covid yang diperlukan selama acara yang dikenal sebagai Magh Mela.

Tetapi infeksi dilaporkan dari tanah mela bahkan sebelum dimulainya acara.

Pejabat senior polisi Rajeev Narayan Mishra mengatakan pada hari Kamis (13/1) bahwa setidaknya 38 personel polisi yang bertugas telah dinyatakan positif, memicu kekhawatiran bahwa festival itu dapat berubah menjadi hotspot infeksi dalam beberapa hari mendatang.

Pada April tahun lalu, jutaan peziarah berkumpul di kota Himalaya, Haridwar, di negara bagian Uttarakhand, untuk berpartisipasi dalam festival Kumbh Mela bahkan ketika beberapa kota bergulat dengan kekurangan oksigen dan tempat tidur rumah sakit yang parah.

Beberapa peziarah - yang datang dari seluruh bagian negara - dinyatakan positif setelah kembali ke rumah, dengan ahli epidemiologi menggambarkan festival itu sebagai "acara penyebar super".

Tahun ini, pihak berwenang di Uttarakhand telah melarang umat untuk berenang di sungai selama festival.

Desakan Uttar Pradesh untuk mengadakan festival Magh Mela membuat para ahli khawatir tentang konsekuensinya terhadap kesehatan masyarakat.

India berada di tengah gelombang ketiga pandemi, yang diyakini dipicu oleh varian Omicron dari virus corona.

Negara itu melaporkan lebih dari 247.417 infeksi baru pada hari Kamis - terbesar sejak akhir Mei - didorong oleh peningkatan tajam dalam kasus di kota-kota besar seperti ibu kota, Delhi, dan pusat keuangan Mumbai. (bbc/dd)