Rekam Jejak Widi Prasetijono, Danjen Kopassus Baru

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Brigjen TNI Widi Prasetijono ditunjuk sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) baru menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Jumat (21/1).

Pergantian posisi di satuan Kopassus ini bersamaan dengan mutasi terhadap total 328 perwira TNI melalui SK yang sama, termasuk di antaranya untuk posisi Pangkostrad dan Wakassad.

Sebelum diangkat menjadi Komandan Kopassus, Widi menjabat sebagai Kasdam IV Diponegoro.

Pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur, 1971 ini ialah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) pada 1993. Dalam karirnya, Widi pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Widi menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta pada 2011-2012.

Karir militernya cemerlang hingga pada 2014, Widi pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo. Kala itu, Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Setelah menjadi ajudan Presiden Jokowi, pada 2016 dia menjabat sebagai Danrindam III Siliwangi. Kemudian kembali bertugas di Solo sebagai Komandan Korem 074/Warastratama pada 2017.

Setahun kemudian, Widi dimutasi menjadi Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Komando Daerah Militer VI/Mulawarman.

Pada 2020 Widi diangkat menjadi Kasdam IV/Diponegoro. Karirnya melejit hingga dipercaya Andika Perkasa sebagai Danjen Kopassus pada 2022. (rls)