Rayakan HPN 2019, PELNI Sosialisasikan Layanan Check-in Mandiri di Makassar

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) merayakan Hari Pelanggan Nasional (HPN) tahun 2019 dengan melakukan sosialisasi layanan check-in mandiri di terminal penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta, Rabu (4/9). Layanan check-in mandiri PT PELNI sudah hadir di tujuh kota di Indonesia, dan segera menyusul di kota-kota lainnya.

Kepala Kesekretarian Perusahaan PT PELNI Yahya Kuncoro menjelaskan, layanan check-in mandiri merupakan peningkatan layanan yang ditujukan untuk mempercepat proses embarkasi penumpang di terminal keberangkatan. "Dalam sekali keberangkatan, kapal PELNI bisa memproses check-in hingga seribuan penumpang, dan ini memakan waktu. Karena itu, untuk mempercepat proses check-in, selain dibantu petugas di konter, penumpang bisa mencetak sendiri boarding pass di mesin check-in mandiri," ujarnya.

Sementara itu, sosialisasi layanan check-in mandiri di terminal penumpang Makassar dilakukan oleh Vice President PT PELNI Sukendra dan Kepala Cabang PELNI Makassar Ridwan Mandaliko. 

Vice President PT PELNI Sukendra mengatakan, layanan check-in mandiri saat ini sudah hadir di tujuh kota, yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Bitung. "Kehadiran mesin check-in mandiri kami lakukan bertahap di tujuh kota dari Agustus kemarin hingga HPN 2019 ini. Target kami, di akhir semester 1/2020, layanan check-in mandiri sudah bisa dirasakan seluruh penumpang kami di 52 kantor cabang di Indonesia," tutur Sukendra.

Layanan check-in mandiri, Sukendra menambahkan, menjadi kelanjutan program digitalisasi layanan PT PELNI sejak meluncurkan aplikasi booking tiket, PELNI Mobile Apps, di tahun 2018. Digitalisasi layanan PT PELNI juga semakin lengkap dengan pembelian dan pembayaran tiket PELNI di seluruh ATM BRI, Alfamart dan Indomaret se-Indonesia.(R/Rajendra)