Ratusan Petugas Bersihkan Saluran Air di Penggilingan

By Admin


nusakini.com - Sebanyak 500 petugas gabungan Suku Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Lingkungan Hidup dan Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, melakukan pembersihan saluran mikro serta penghubung (PHB) di RW 06, Kelurahan Penggilingan.

Hasilnya, ratusan karung lumpur dan sampah diangkut dari saluran sepanjang 1.500 meter.

Camat Cakung, Alamsyah mengatakan, selama ini sebagian kawasan RW 06, Kelurahan Penggilingan, kerap tergenang setiap turun hujan. Bahkan, bila hujan deras turun lebih dari dua jam, genangan di kawasan itu bisa mencapai 30 sentimeter.

"Ketinggian air bisa mencapai betis orang dewasa. Makanya kita menggelar Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di sini," katanya.

Dijelaskan Alamsyah, kawasan yang biasa tergenang merupakan daerah cekungan. Karena itu, pembersihan di saluran mikro dan PHB diharapkan bisa melancarkan dan mempercepat aliran air dari kawasan tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur, Sofyian Thaher menambahkan, selain melibatkan petugas gabungan, AKMP juga dibantu ratusan warga. Diharapkan, setelah pembersihan, warga turut serta menjaga kebersihan lingkungan.

"Partisipasi masyarakat agar tidak membuang sampah juga penting. Karena sampah yang masuk ke saluran potensial menyumbat," tandasnya.(pr/kj/al)