Ratusan Mahasiswa Asing Pelajari Bahasa dan Budaya Indonesia

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan orientasi bagi mahasiswa asing yang menjadi peserta Beasiswa Darmasiswa RI untuk tahun ajaran 2016/2017. Dalam masa orientasi ini, para peserta dibekali pengenalan terhadap budaya dan kearifan lokal sebagai bekal mereka untuk tinggal di Indonesia selama mengikuti program Beasiswa Darmasiswa RI. 

Tahun ini, sebanyak 542 peserta dari 79 negara akan mengikuti pendidikan di 51 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Selama setahun, mereka akan tinggal di Indonesia dan mempelajari bahasa, seni, serta budaya Indonesia. 

Beasiswa Darmasiswa RI merupakan program beasiswa strategis dalam diplomasi di bidang pendidikan dan kebudayaan yang diadakan setiap tahun oleh Kemendikbud. Program ini pun adalah timbal-balik antara Indonesia dengan negara-negara sahabat. Karena itu diharapkan selama masa pendidikan tersebut, mereka bisa saling berkenalan, membangun jejaring dengan mahasiswa asing lainnya untuk bisa bersama-sama membangun komitmen untuk keberhasilan mereka mengikuti program ini. 

  Sejak diadakan tahun 1974 silam, Program Darmasiswa RI telah diikuti oleh 6.635 peserta yang berasal dari 115 negara sahabat untuk belajar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Pada awalnya, peserta yang diundang hanya berasal dari kawasan ASEAN, namun dengan pertimbangan bahwa program ini sangat strategis, jumlah peserta dan cakupan negara terus ditingkatkan di tiap tahunnya. (p/ab)