Ratu Elizabeth II Kenang Pangeran Philip dalam Pidatonya untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ratu Elizabeth II memberikan pujian kepada anggota keluarganya atas upaya mereka dalam melawan perubahan iklim saat ia berpidato untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB.

Pada hari Senin (1/11), ia hadir melalui rekaman video di acara COP26 yang diadakan di Glasgow, Scotland, untuk menyampaikan pesan mengenai pentingnya mengurangi pemanasan global. Ia memulai pidatonya, yang sebelumnya sudah direkam dari Kastil Windsor, dengan sebuah tribut untuk mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal dunia pada bulan April di usia 99 tahun.

"Ini adalah tugas yang dengan senang hati saya laksanakan, karena dampak lingkungan terhadap kemajuan manusia adalah subjek yang dekat dengan hati mendiang suami saya," katanya.

Wanita berusia 95 tahun ini kemudian memberikan pujian kepada anaknya, Pangeran Charles, dan cucunya, Pangeran William karena melanjutkan semangat dari Pangeran Philip.

"Suatu kebanggaan besar bagi saya bahwa peran utama yang dimainkan suami saya dalam mendorong orang untuk melindungi planet kita yang rapuh, hidup melalui karya putra sulung kami Charles dan putra sulungnya William," katanya. "Saya sangat bangga dengan mereka."

Ratu kemudian mendorong para pemimpin dunia "untuk meninggalkan politik untuk beberapa saat" dan lakukan apa yang mereka bisa agar membuat rencana yang bisa mengembangkan kehidupan generasi masa depan.

Ratu awalnya dijadwalkan untuk menghadiri konferensi ini secara langsung, namun rencana ini berubah ketika ia harus dirawat di rumah sakit pada bulan lalu.

Pada 29 Oktober, perwakilan Istana Buckingham menyatakan bahwa dokter yang merawat merekomendasikan agar ratu tidak menghadiri kunjungan resmi selama dua minggu.

Pangeran Charles, Camilla Duchess of Cornwall, Pangeran William, dan Kate Middleton menjadi perwakilan untuk Inggris di COP26.