Rakor Pengawas Sekolah Jenjang SMA, SMK dan PLK, Upaya Cerdas Menuju Pengawas Sekolah yang Bermartabat

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar--Sekretaris Dinas Pendidikan Prov. Sulawesi Selatan H. Hery Sumiharto, S.E., M.Ed membuka rapat koordinasi pengawas sekolah jenjang SMA, SMK dan PLK di Hotel Gammara Makassar, Rabu (22/12/2021). Dalam sambutannya, Hery Sumiharto berharap agar kinerja para pengawas sekolah di masa mendatang bakal lebih baik dengan berupaya memaksimalkan pelaksanaan tugas di sekolah. "Juga fokus pada pembuatan laporan dan rekomendasi perbaikan yang akan dilakukan demi terwujudnya program Merdeka Belajar," ujar Hery Sumiharto.

Ia menambahkan, laporan pengawas nantinya juga menjadi masukan bagi Dinas pendidikan dalam menyusun rencana perbaikan dalam bentuk Program Kegiatan untuk masa yang akan datang. "Ada ada beberapa program unggulan Dinas Pendidikan yaitu Program Smart School, dan Guru Digital yang akan dikembangkan pada tahun 2022. Diharapkan agar dapat disukseskan dan didukung pelaksanaannya," paparnya.

Sebagai ujung tombak Dinas Pendidikan di sekolah, peran pengawas sangat besar mendorong terwujudnya Merdeka belajar melalui program guru penggerak sekolah penggerak bagi SMA dan Program SMK Pusat Keunggulan. Juga diharapkan SMK dapat mengembangkan potensi hasil karya siswa melalui program SMK Badan Layan Umum Daerah (BLUD).

Pada kesempatan sama, ketua Panitia pelaksana, Mustakim , S.Pd. M.Si menjelaskan Kegiatan Rakor Pengawas Sekolah yang dilaksanakan pada hari merupakan agenda rutin pengawas sekolah Dinas Pendidikan Prov. Sulsel setiap akhir tahun untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terkait program dan format pelaporan kegiatan kepengawasan. (rls)