nusakini.com--Maros--UKM Menwa WM Sat. 702 Universitas Negeri Makassar, kembali torehkan prestasi yang mengharumkan nama baik satuan sekaligus almamater kampus. Kegiatan yang merupakan pendidikan lanjutan ini diikuti oleh menwa se Sulawesi Selatan. Salah satu delegasi dari Menwa 702 UNM berhasil mendapatkan predikat siswa terbaik dan mendapatkan juara I pada Lomba Halang Rintang yang dilaksanakan oleh Menwa Sub Kota Makassar Tahun 2019.

Kegiatan yang buka sejak Minggu, 23 Juni 2019, berlangsung hingga 30 Juni 2019 di Yonif Para Raider 432/WSJ, Kostrad Maros. Kegiatan ini diikuti oleh 75 siswa yang berasal dari menwa se Sulawesi Selatan. Delapan siswa diantaranya merupakan delegasi dari UKM Menwa Satuan 702 UNM. 

Dalam kursus ini terdapat pembentukan sikap disiplin dan materi-materi yang menguji adrenalin siswa seperti, Kepemimpinan, Bela Negara, Mountaineering, Bivak, Survival, Teritorial, Navigasi Darat, dan masih banyak lainnya. Selain itu, kursus kali ini dikemas dengan sedikit berbeda yaitu terdapat lomba haling rintang yang memerlukan kekuatan dan kekompakan setiap tim dalam menghadapi rintangan-rintangan yang ada. 

UKM Menwa WM Sat.702 UNM tak hanya menunjukkan eksistensi dalam setiap kegiatan namun dapat menunjukkan kualitas satuan baik dalam lingkup Menwa maupun Universitas itu sendiri dengan meraih Juara Umum I dalam lomba halang rintang yang mengalahkan 11 satuan lainnya dengan hasil akhir:

 1. Juara I Menwa Sat.702 UNM

 2. Juara II Menwa Sat.701 UNHAS

 3. Juara III Menwa Sat.708 UNIBOS

Salah satu delegasi dari satuan 702 UNM atas nama Muh. Usman Mustari yang merupakan Wakil Komandan Satuan berhasil mendapat predikat sebagai Siswa Terbaik.

“Senang sekali dan bangga telah menjadi siswa terbaik pada suskalak kali ini, tentunya dipersembahkan untuk mengharumkan nama satuan 702 UNM”, tuturnya.

Komandan Menwa Sub Kota Makassar, Ipda A. Rahmatullah S.Sos, SE. berharap agar para peserta kegiatan ini mengaplikasikan materi-materi yang didapat untuk melahirkan calon-calon pimpinan dan staf Menwa terkhususnya Menwa Sulawesi Selatan.

“Untuk alumni siswa SUSKALAK agar mengaplikasikan materi yang bersifat nasional dimana 150 jam dipres sesedianya 3 minggu menjadi 1 minggu, namun tidak mengurangi inti dari materi tersebut. SUSKALAK yang dihadirkan untuk melahirkan calon-calon pimpinan dan staf Menwa terkhususnya Menwa Sulawesi Selatan”, ungkapnya (Yayu)