Putusan Sidang Kabinet Selalu Ditunggu Publik

By Admin

nusakini.com--Sebagai forum koordinasi tertinggi yang dipimpin langsung oleh Presiden sidang kabinet menghasilkan berbagai keputusan yang penting untuk diketahui oleh publik. Berbagai kebijakan yang diputuskan tersebut merupakan kebijakan berskala nasional. 

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, selain ditunggu oleh masyarakat, media, social media, dan publik, hasil Sidang Kabinet juga ditunggu oleh birokrasi pemerintahan. Sebab, hal itulah yang harus dijalankan pemerintah nantinya. 

“Apa yang menjadi keputusan dari Sidang Kabinet yang disampaikan oleh Menteri terkait bersama Sekretaris Kabinet selalu ditunggu. Dan karena itu menjadi berita sekaligus menjadi hal yang harus dijalankan oleh Pemerintahan ini,” kata Pramono, Selasa (8/11). 

Sidang yang diselenggarakan Presiden bisa berupa sidang kabinet paripurna yang dihadiri para menteri dan pejabat negara lainnya yang telah ditentukan. Sidang ini membahas masalah umum dan masalah-masalah penting yang dihadapi oleh negara. 

“Termasuk membahas penyelenggaraan pemerintahan pada umumnya. Bisa juga berupa sidang kabinet terbatas atau rapat terbatas (ratas) dihadiri oleh para menteri dan pejabat terkait dengan topik-topik tertentu yang harus dibahas,” ujar dia. 

Sidang yang dilaksanakan sewaktu-waktu ini membahas permasalahan atau isu-isu aktual tertentu yang berkembang di masyarakat.  

Sebelumnya, saat Sidang Kabinet Paripurna, Rabu, 19 Agustus 2015, Presiden Jokowi menegaskan bahwa setiap sidang kabinet baik paripurna maupun terbatas itu menteri-menteri semuanya bisa menghadirinya, dengan begitu arahannya menjadi semakin luas. (p/ab)