Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Adakan Penyuluhan Tumbuh Kembang Anak

By Al


nusakini.com - Jakarta - Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, mengadakan kegiatan penyuluhan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTKA) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Astrabrata Jalan Rawapapan, Kelurahan Bintaro.

Kegiatan tersebut diikuti 25 guru atau tenaga pengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Penanggung Jawab Program SDIDTKA Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Puji Sulistyo Rini mengatakan, kegiatan stimulasi ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Contohnya, gangguan mental emosional, autism, hiperaktivitas, dan gangguan pemusatan perhatian anak usia 0-72 bulan," ujarnya

Puji menjelaskan, melalui kegiatan ini para guru diberikan pemahaman dan tata cara pemantauan kesehatan tumbuh dan kembang anak dengan pola kemitraan antara Puskesmas dan tenaga pengajar.

"Apabila ditemukan kasus, guru bisa langsung merujuk anak ke Puskesmas terdekat di Poli Anak," terangnya. 

Sementara, salah seorang guru TK Kalpataru, Tatik menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan guru terhadap tumbuh kembang anak. 

"Ini sangat bermanfaat. Saya berharap, seluruh anak di Kecamatan Pesanggrahan memiliki tumbuh kembang yang baik," tandasnya.