Purna PMI Sukses Wirausaha dan Keluarga Bahagia

By Abdi Satria


nusakini.com-Hong Kong- Dalam rangka mengantarkan para WNI yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, KJRI Hong Kong menyelenggarakan webinar “Exit Program" bertajuk “Purna PMI: Sukses Wirausaha dan Bahagia". Webinar merupakan sarana pembekalan teman-teman PMI yang akan kembali ke Indonesia.

Konselor dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Dony Darma Sagita, sebagai salah satu narasumber menyarankan untuk mengenali emosi dan potensi positif diri sendiri untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Menjelang kepulangan ke Indonesia, beberapa hal yang perlu disiapkan yakni kondisi fisik dan psikologis, komunikasi yang lancar, dan bonding dengan keluarga. “Tinggalkan masa lalu yang kelam ataupun kekurangan selama berada di perantauan, anda bisa kembali ke Indonesia dengan semangat baru untuk menatap masa depan lebih baik", tambahnya.

Dalam webinar tersebut seorang PMI yang telah pulang ke Indonesia, Winda Budiyani juga membagikan ceritanya merintis wirausaha di kampung halaman. Winda asal Wonosobo telah merantau di Hong Kong selama 5 tahun. Sepulangnya dari Hong Kong, beliau merintis toko sembako dan perabot rumah tangga dari hasil modal hasil kerjanya di Hong Kong. “Sisihkan gaji untuk modal usaha, ikut kegiatan positif di waktu luang, rintis usaha dengan bantuan orang kepercayaan dan ketika usaha sudah berjalan maka siaplah untuk pulang," demikian ungkapnya.(rls)