Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi 

nusakini.com - Puncak arus balik libur Hari Raya Idul Adha diprediksi terjadi pada hari ini. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan arus lalu lintas tetap berlangsung normal.

"Kalau dilihat dari arus mudik kemarin penambahannya enggak besar, jadi mungkin sama sejalan dengan itu (arus balik). Apalagi besok kan sudah masuk, jadi masyarakat sudah berangsur-angsur dari kemarin, jadi mungkin enggak akan ada jumlah yang banyak," ujar Budi Karya usai meninjau persiapan peresmian PT New Priok Container Terminal One (NPCT1) di Kali Baru, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/9/2016). 

Selain itu, Budi menyebut bahwa pintu masuk tol awal di Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) merupakan kebalikan dari bottle neck, sehingga diharapkan kemungkinan macet tidak terjadi.  

"Itu (Brexit) kan dari kecil ke besar, dari Brexit itu kan kecil Jakartanya besar jadi kemungkinan kemacetan lebih kecil. Karena kemarin arus mudiknya enggak (macet) kemungkinan enggak," jelas Budi. 

Meski demikian, Budi tetap menjaga koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan dan kejadian lainnya. "Tapi kita tetap waspada, kita tugas kan teman-teman dan kita sudah koordinasi dengan polisi dan command center," ucapnya. 

Sebelumnya diberitakan, Kabag Operasional Korlantas Kombes Benyamin menyebut arus balik diprediksi terjadi pada hari ini. Dia juga menyampaikan kondisi lalu lintas saat arus balik diharapkan lancar. (b/mk)