Puluhan Tewas akibat Kebakaran Bangsal Isolasi COVID-19

By Nad

nusakini.com - Internasional - Paling tidak 52 orang tewas akibat kebakaran di bangsal isolasi COVID-19 di sebuah rumah sakit di Iraq.

Kebakaran ini terjadi di rumah sakit Al-Hussein di kota Nasiriya pada hari Senin (12/7) dan berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran dan pertahanan sipil. Seorang narasumber menyampaikan bahwa penyebab kebakaran adalah tabung-tabung oksigen meledak.

Juru bicara bidang kesehatan pemerintah Haydar al-Zamili pada hari Selasa (13/7) mengatakan 52 jasad berhasil diambil dan 22 orang terluka setelah api menjulur di bangsal isolasi COVID.

Ia menjelaskan para korban tewas akibat luka bakar dan mereka terus mencari korban. Banyak yang menduga masih ada beberapa orang yang terjebak di dalam gedung tersebut. Bangsal ini memiliki 70 tempat tidur.

Dewan pimpinan kesehatan Dhi Qar mengatakan dua tenaga kesehatan dan satu sekuriti rumah sakit termasuk ke dalam korban yang tewas.

Beberapa narasumber mengatakan jumlah korban tewas bisa meningkat karena masih banyak pasien yang dinyatakan hilang.

Pihak kesehatan di Nasiriya mengatakan operasi pencarian di rumah sakit masih berlanjut, namun asap-asap tebal menyulitkan para petugas untuk memasuki beberapa titik dari bangsal yang terbakar.

Presiden Iraq Barham Salih mengatakan peristiwa yang terjadi di rumah sakit Al-Hussein ini adalah hasil dari korupsi besar dan salah urus. Ia menambahkan bahwa investigasi kepada siapa yang bertanggung jawab diperlukan oleh semua keluarga korban. Ia juga ingin meninjau ulang konstitusi negaranya.

Keluarga korban yang marah berbentrokan dengan polisi. Mereka membakar dua mobil polisi, menurut saksi mata.

Salah satu keluarga korban mengatakan pejabat korupsi harus bertanggung jawab atas kebakaran dan pembunuhan pasien yang tidak bersalah. Ia mencari jasad ayahnya di antara korban-korban yang hangus terbakar di lapangan rumah sakit.