PT KAI Mulai Beoperasi Besok, Batasi Kapasitas Angkut Kereta

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Mulai Selasa (12/5) besok, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali beroperasi dengan melayani penumpang dengan kepentingan khusus.

Menurut, VP Public Relations KAI Joni Martinus, bakal ada pembatasan kapasitas angkut kereta api luar biasa (KLB) yang dioperasikan. 

“Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, KAI tetap membatasi kapasitas angkut dengan menjual hanya 50 persen tempat duduk dari kapasitas kereta,” kata Joni, Senin (11/5). 

Terdapat tiga rute yang dilayani rute Gambir-Surabaya Pasarturi pp (lintas utara) melayani stasiun naik dan turun penumpang di Gambir, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasarturi dengan tarif jakar terjauh eksekutif Rp 750 ribu dan ekonomi 400 ribu.

Selanjutnya, untuk rute Gambir-Surabaya Pasarturi pp (lintas selatan) melayani stasiun naik dan turun penumpang di Gambir, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi dengan tarif tarif jarak terjauh eksekutif Rp 750 ribu dan ekonomi Rp 450 ribu.

Untuk rute Bandung-Surabaya Pasarturi juga dilayani dengan pergi pulang. Kereta tersebut melayani naik dan turun penumpang di Bandung, Yogyakarta, Madiun, dan Surabaya Pasarturi dengan tarif jarak terjauh eksekutif Rp 630 ribu dan ekonomi Rp 440 ribu. 

Joni menjelaskan KAI juga membuat batas antre dan duduk di stasiun dan kereta untuk menerapkan jaga jarak fisik. Selain itu juga menyediakan alat pengukur suhu badan, ruang isolasi, pos kesehatan, hand sanitizer, wastafel portabel, rutin membersihkan fasilitas penumpang dengan disinfektan, dan berbagai langkah pencegahan lainnya. 

“Kami tegaskan, pengoperasian KLB ini dikhususkan hanya untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah dan bukan dalam rangka Angkutan Mudik Idul Fitri 1441 H,” tuturJoni. (r/ab)