PSM Makassar Fokus Liga 1, Pelatih Masih Enggan Pikirkan Piala AFC

By ommed


nusakini.com - Pelatih PSM Makassar, Joop Gall belum mau memikirkan tentang Piala AFC 2022, meski hasil drawing sudah keluar pada Senin (18/01/22). Tim Juku Eja perlu fokus lebih dahulu di Liga 1.

PSM merupakan satu dari dua wakil Indonesia di Piala AFC 2022. Dari hasil drawing, PSM berada di grup H bersama Shan United (Myanmar), Tampines Rovers (Singapura) dan Kuala Lumpur City (Malaysia).

Grup ini terbilang ketat. Tak ada tim yang bisa dianggap enteng. Shan United pun bisa membuat kejutan, meski wakil Malaysia dan Singapura punya tradisi bagus di Piala AFC.


Terkait hasil drawing dan potensi persaingan grup H, PSM belum memikirkan secara mendalam. Joop Gall belum berpikir tentang kekuatan lawan-lawan PSM di Piala AFC karena masih fokus dengan apa yang ada di Liga 1.

"AFC? belum. Banyak hal masih perlu kita perbaiki di permainan PSM, baik dalam penguasaan bola dan saat kehilangan bola. Saya baru fokus untuk jangka pendek, game per game. Jadwal (Liga 1) sangat padat," kata Joop Gall, Selasa (18/01/22).


Joop Gall mengaku masih butuh waktu untuk membuat permainan PSM seperti yang diinginkannya. Untung saja setelah melawan Persik Kediri di Stadion Ngurah Rai, Liga 1 memasuki jeda pertandingan internasional.

"Saya butuh waktu untuk betul-betul memasukkan style, seperti apa yang harus kita mainkan di PSM. Saya akan coba memanfaatkan waktu," tutur pelatih asal Belanda tersebut.


PSM memang perlu fokus untuk pembenahan internal sebelum mewakili Indonesia di Asia. Persaingan di Piala AFC 2022 jelas jauh lebih ketat ketimbang Liga 1.

Hasil yang diraih PSM Makassar pada Piala AFC 2022 akan mempengaruhi ranking kompetisi Indonesia di Asia. Jika peringkat Liga 1 semakin tinggi, Indonesia bisa saja kembali dapat tiket langsung ke Liga Champions Asia.

Situasi ini juga berlaku bagi Bali United. Kedua tim kemungkinan baru akan bertanding di fase grup Piala AFC 2022 pada bulan Juni mendatang. Sementara Liga 1 selesai akhir Maret. (is/om)