Program Revolusi Oranye Galakkan Budaya Konsumsi Buah Lokal

By Admin


nusakini.com - Sukabumi - Dalam kunjungannya di PTPN VIII, Menteri Pertanian Andi Amtan Sulaiman di daerah Sukabumi Jawa Barat, Rabu (20/4/2016) mengatakan, sangat mengapresiasi ide program revolusi oranye Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto. Adapun ide revolusi oranye ialah sebagai upaya pengembangan sektor Hortikultura terutama jenis buah-buahan di perkebunan.

"Ide ini sebuah terobosan yang sangat bagus dan perlu didukung sepenuhnya, jangan sampai nantinya kita terus-terusan impor buah", kata Mentan.

Sementara itu, Rektor IPB menambahkan, revolusi oranye tersebut juga akan mampu menjaga kualitas buah-buahan yang dihasilkan. Mulai dari pemilihan jenis bibit, perawatan, hingga masuk masa panen, selalu terpantau perkembangannya.

Lanjut Rektor IPB, nantinya akan ada 12 komoditas yang akan kembangkan. Seperti pisang, manggis, alpukat, hingga mangga. Oleh karena itu, PTPN punya target ribuan hektar untuk merealisasikannya dan 6 PTPN juga akan ikut serta untuk target tersebut.

Revolusi oranye kemudian menurut Rektor IPB, akan dilaksanakan dengan cara pendekatan secara komperehensif dari pihak perguruan tinggi, petani, swasta, sampai PTPN. Diharapkan program oranye ini akan berjalan baik dengan adanya kerjasama yang baik dari semua instansi terkait. (if/mk)