Profil Dirut PLN

By Admin


nusakini.com - Menghadapi tantangan sistem kelistrikan nasional yang semakin dinamis, PT. PLN (Persero) memang membutuhkan sosok pemimpin yang gigih. Sofyan Basir memang terasa pas didaulat menahkodai perusahaan listrik milik negara ini.

Pria yang dilahirkan di Bogor pada 2 Mei 56 tahun lalu ini  pernah menjabat sebagai Direktur Utama BRI sejak tanggal 17 Mei 2005 dan terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada tanggal 20 Mei 2010. Sebelum bergabung dengan BRI, menjabat sebagai Direktur Utama Bank Bukopin.

Di bawah kepemimpinannya, BRI berhasil mempertahankan diri sebagai Bank BUMN dengan laba terbesar. BRI membukukan perolehan laba bersih (angka bank saja) sebesar Rp. 18,12 triliun per triwulan III 2014 atau per 30 September 2014, meningkat  sebesar 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebesar Rp. 15,23 triliun.

Namun ukuran keberhasilan BRI bukan di laba semata. Keberhasilan BRI dilihat dari penyaluran kredit mikronya. Secara keseluruhan realisasi outstanding Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan BRI mencapai Rp 32,03 triliun, atau meningkat 21,94 persen dari tahun sebelumnya, dengan jumlah nasabah yang meningkat menjadi 3,0 juta nasabah dari 2,5 juta nasabah di triwulan III 2013.

Karir perbankan Sofyan dimulai pada tahun 1981 di Bank Duta, pada tahun 1986 bergabung dengan Bank Bukopin dan telah menduduki beberapa jabatan manajerial di Bank Bukopin termasuk Direktur Komersial, Group Head Line of Business, dan Pemimpin Cabang di beberapa kota besar Indonesia.

Sofyan meraih gelar Diploma dari STAK Trisakti, Jakarta pada tahun 1980, dan gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta pada tahun 2010, gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Trisakti, Jakarta pada 2012.

Sofyan juga telah mengikuti berbagai pendidikan serta pelatihan di bidang perbankan baik di dalam maupun luar negeri, diantaranya Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt); Eksekutif Manajemen Risiko, ABN Amro (Denpasar); Islamic Finance Forum (Swiss); Seminar Business Continuity Planning, Ernst & Young; SESPIBANK (Jakarta); Strategy Development Session, IBM; dan Structuring Loans & Short Term, The Institute Banking & Finance. (mk)