Prof Rudy Pantau Sejumlah Rumah Makan Dan Minuman Di Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Penjabat Wali kota Makassar Prof Rudy Djamaluddin memantau tempat usaha yang ramai dikunjungi warga kota Makassar pada malam hari seperti Cafe Ombak dan Popsa. 

Kunjungannya di tempat tempat tersebut dalam rangka mengingatkan dan mengedukasi warga pentingnya protokol kesehatan khususnya selalu membawa dan menggunakan masker. 

Beberapa pengunjung yang didapati tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak langsung diberi pengertian dan pengarahan dari Prof Rudy, termasuk pengurus rumah makan maupun warung yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di tempat usahanya.

Seperti yang terlihat di salah satu warung minuman tradisional khas Makassar sarabba dibilangan jalan Sungai Cerekang ,disini seorang pengunjung langsung di rapid test oleh tim dari dinas kesehatan karena tidak membawa dan menggunakan masker pelindung wajah.

"Kita coba lakukan rapid test ditempat karena salah satu dari pengunjung yang datang tidak membawa masker, begitu jugadwngan pengelola tempat usaha kita tegur karena tidak bisa menjaga protokol kesehatan ditempatnya, kita sampaikan kalau tidak bisa menerapkan protokol kesehatan apa boleh buat, dari pada membahayakan masyarakat banyak, maka kita akan tutup saja untuk sementara," ujar Prof Rudy pada awak media. Senin malam 13/7/2020.

Ia menjelaskan didalam perwali sudah mengatur bahwa, apabila ada usaha usaha yang tidak mampu melaksanakan dan menjaga protikol kesehatan secara ketat di tempat usahanya maka pemerintah kota akan memberi sanksi berupa teguran sampai sanksi berat yakni penutupan tempat usahanya.

"Pertama tama kami akan beri surat teguran berupa surat pernyataan, tapi apabila surat pernyataan tidak diindahkan terpaksa kami tutup, selanjutnya kita buka kembali setelah kita lakukan evaluasi apakah mereka sudah menerapkan protokol kesehatan dengan benar," ungkapnya.

Menurutnya penanganan dan pencegahan covid 19 harus dapat berjalan seirama dengan perputaran roda ekonomi masyarakat terutama kepada pelaku pelaku usaha ekonomi di masyarakat

"Ini jangan sampai melemahkan perekonomian kita, usaha ekonomi dimasyarakat harus tetap jalan, namun kita harus tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang diberlakukan, ini yang mesti kita pahami sehingga dua duanya dapat berjalan bersamaan," jelasnya.(p/ab)