Produksi Udang Windu Terus Meningkat

By Admin


Nusakini.comJAKARTA - Salah satu komoditas andalan perikanan budidaya adalah udang windu. Dengan demikian produksinya terus dipacu untuk ditingkatkan. Dalam catatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya, selama kurun waktu lima tahun terakhir, angka produksi udang windu terus naik dari 2010 sampai 2014 sebesar 4,81 persen per tahun, dari 125.519 ton pada tahun 2010, menjadi 131.809 ton pada tahun 2014.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, Kamis (10/3/2016) mengatakan udang windu merupakan udang asli Indonesia yang harus tetap dikembangkan. Meskipun saat ini, produksinya masih kalah dengan udang vaname, tetapi pasar untuk udang windu masih terbuka lebar, sehingga tetap perlu didukung dengan ketersediaan induk dan benih yang kontinyu.

“Angka sementara produksi udang windu pada tahun 2015 mencapai 201.312 ton atau 20 persen dari total produksi udang nasional. Produksi udang windu sebagian besar disumbang dari budidaya dengan sistem tradisional hingga tradisional plus seperti yang dilakukan di Kalimantan Timur ini”,ujarnya.

Cara budidaya dengan sistem ini, lanjut Slamet, mendapat dukungan karena selaras dengan keberlanjutan. Ke depan, pemerintah akan melanjutkan dukungannya dengan membenahi saluran irigasi di tambak-tambak tradisional tersebut. Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu propinsi yang menjadi sentra produksi udang windu nasional. (mk)