Produk-produk Ini Jadi Penghuni Museum Produk Gagal

By Admin


nusakini.com - Kesuksesan sebuah inovasi yang saat ini dirasakan banyak perusahaan teknologi tentu saja tidak diraih begitu saja, melainkan ada perjuangan dan banyak kegagalan. Karena itu kegagalan dianggap penting untuk diapresiasi dan dijadikan pembelajaran. Untuk tujuan itulah sebuah museum yang berisi produk-produk gagal di pasaran diciptakan. Museum tersebut diberi nama Museum of Failure yang berada di Swedia.

Dikutip dari World Economic Forum, Kamis (15/6) museum yang baru saja dibuka pada 7 Juni 2017 ini dibuat oleh seorang psikolog bernama Samuel West. Puluhan produk yang dianggap gagal dari seluruh dunia pun ada dan dipajang di museum ini. Berikut ini 11 produk yang menjadi bagian dari penghuni museum produk gagal tersebut.

  • Nokia N-Gage


Salah satu produk hanya bertahan beberapa tahun namun legendaris. Perangkat smartphone dan game Nokia N-Gage, yang secara resmi hanya mampu bertahan dijual dari tahun 2003 sampai 2005.

  • Newton


Newton dikenal sebagai serangkaian alat asisten digital pribadi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc. Perangkat Newton ini menjadi alat asisten digital pribadi pertama yang mampu pengenalan tulisan tangan.

  • CueCat


Ada juga alat yang bernama CueCat, pembaca barcode diluncurkan pada tahun 2000 yang hanya sedikit konsumen yang menggunakannya. Idenya adalah mengarahkan orang ke situs web - melalui pemindaian majalah, misalnya alih-alih menggantikan mengetik URL.

  • TwitterPeek


Kembali di tahun 2009, saat Twitter masih tergolong baru, sebuah perusahaan bernama Peek merilis TwitterPeek yang merupakan perangkat seharga $200 yang hanya mengakses Twitter.

  • DC40 Kodak


Kamera digital DC40 Kodak merupakan kamera digital pertama yang diluncurkan Kodak pada 1995, namun ini dianggap sebagai kegagalan terutama karena kebangkrutan Kodak pada tahun 2012. Perusahaan gagal mempertimbangkan seberapa besar kemungkinan pasar melakukan berbagi foto secara online, yang memaksa perusahaan ini mengalami kebuncitan keuangan.

  • Coke II


Perusahaan minuman dikenal legendaris rupanya punya satu korban yaitu Coke II atau New Coke. Usai beberapa bulan dikeluarkan pelanggan meminta agar Coke mulai menjual minuman dengan formula aslinya atau formula sebelumnya. New Coke akhirnya dihentikan pada tahun 2002 karena tidak cocoknya pasar dengan rasa yang sebelumnya.

  • Harley-Davidson Parfume


Berbicara tentang perluasan merek, perusahaan sepeda motor Harley-Davidson rupanya pernah merilis parfum sendiri pada tahun 1996. Produk ini gagal di pasar dan akhirnya tak diproduksi lagi. (b/om)