Pria Hong Kong Ditahan karena Mencemooh Lagu Nasional Cina

By Nad

nusakini.com - Internasional - Kepolisian Hong Kong telah menahan seorang pria yang diduga menghina lagu nasional, setelah ia dituduh mencemooh lagu nasional Cina saat menonton Olimpiade di sebuah mall.

Pria berusia 40 tahun ini ditahan pada hari Jumat (30/7) setelah ia diduga melambaikan bendera Hong Kong dan mengolok-olok, ia juga mendesak warga di sekitarnya untuk menghina lagu, menurut pernyataan polisi yang diunggah melalui Facebook.

Pria ini sedang berdiri di antara kerumunan yang sedang menonton pemain anggar Edgar Cheung yang sedang dalam pertandingan merebutkan medali emas. Ia mulai mencemooh saat upacara pemberian medali terjadi, dimana lagu nasional Cina diputar.

Hong Kong meloloskan hukum pada bulan Juni 2020 yang mengkriminalisasi semua aksi yang dianggap menghina lagu nasional. Pelanggaran hukum ini akan didenda sebanyak HK$50.000 (sekitar 92 juta rupiah) dan tahanan penjara selama 9 tahun.

Pemerintah pusat Cina mengkriminalisasi semua bentuk tindakan penghinaan kepada bendera dan lambang nasional. Hukum ini disetujui pada bulan Oktober tahun 2020 dan juga akan diterapkan di Hong Kong.