Presiden Tapi Miskin, Adakah?

By Admin


nusakini.com - Semua orang tau bahwa sejatinya menjadi Presiden itu pasti mempunyai uang yang banyak, terlebih lagi karena emang gajinya yang besar. Tapi kenyataannya tidak melulu seperti itu lho gan. Didunia ini ternyata ada beberapa presiden atau pemimpin dunia yang rela hidup miskin karena uang gajinya diabdikan serta dianggarkan khusus kepada Negara untuk membantu Negara maupun Rakyatnya. Siapa saja mereka? Kuy cek!

  • 1. Nelson Mandela


Nelson Mandela, seorang tokoh dunia yang sangat terkenal dalam pembebasan Afrika Selatan dari rasisme. Nah! Pas dia menjabat jadi presiden Afrika Selatan, dia memotong gajinya buat disumbangin ke anggaran sosial negara. Gak Cuma itu aja gansis, dia juga motong sepertiga gajinya buat bantu anak-anak di Afrika Selatan.

Selain itu pada tahun 1994 om Nelson andela harus membayar utang negara akibat rezim lama, jadinya dia mulai dari motong gaji presiden dan wakil presiden. Gimana gak miskin ya? Gajinya abis dipotongin mulu. Tapi sih buat kepentingan negara dan rakyatnya juga.

  • 2. Fidel Castro


Fidel Castro, adalah tokoh revolusioner Kuba. Dia udah menjabat sebagai presiden Kuba hampir 50 tahun gansis. Gila ya lama bener jadi presiden haha.

Tetapi, meskipun lama menjabat sebagai presiden, om Fidel Catro sama sekali gak kaya. Bayangin aja, gaji dia selama menjabat posisi tersebut cuma sebesar 350rb rupiah / bulannya. Gedean gaji buruh di jakarta dah, daripada jadi presiden disana. Bahkan uang jajan gansis perbulan kayaknya lebih banyak dari gajinya om Fidel Castro ini haha.

  • 3. Robert Mugabe


Robert Mugabe adalah seorang pahlawan afrika sekaligus pemimpin negara Zimbabwe. Buat gansis yang gak tau negara ini, Zimbabwe itu negara yang tingkat kemiskinannya tinggi dan tingkat inflasinya paling tinggi. Mungkin agan pernah baca berita waktu nilai mata uang Zimbabwe yang waktu itu lagi parah-parahnya kan? Jadi wajar sih kalo presidennya juga nggak kaya. Tapi, karena tergolong miskin, keluarga Robert Mugabe sampe bertani buat biaya sekolah anak-anaknya loh.

  • 4. Hugo Chaves


Hugo Chaves adalah pemimpin negara Venezuela, yang dikenal sangat merakyat. Sama aja kayak Jose Mujica, Hugo Chaves juga menyumbangkan sebagian besar dari gajinya untuk anggaran sosial negaranya. Gokil yaa gan, emang gak niat nyari untung tapi beneran buat bangun negaranya. Salah satu jasanya adalah dia memberantas buta huruf dengan menggratiskan sekolah. Gak Cuma itu, dia juga bikin banyak toko sembako murah buat rakyatnya cuy.

  • 5. Jose ‘Pepe’ Mujica


Siapa yang ga kenal si om Jose ‘Pepe’ Mujica ini? Doi adalah seorang Presiden Uruguay. Doi memilih tinggal di rumahnya yang kecil dan gak ada pembantu. Jadi dia ngurus semuanya sendiri gan, Gokil yaa Pak Presiden Uruguay ini.

Nah! Kenapa beliau miskin? Soalnya 90 persen dari gajinya, dia sumbangin buat anggaran sosial negaranya. Luar biasa banget cuy, emang tulus jadi presiden dan mengabdi sama negaranya ini sih. Salut dehh Pak Presiden Uruguay.

Itulah dia beberapa Presiden maupun pemimpin dunia yang ga mata duitan, mereka rela hidup ala kadarnya demi negara. Berharap aja di Indonesia ada yang begitu. Ane kasih jempol! (n/om)