Presiden Sri Lanka Pastikan Kehadiran di KTT IORA di Indonesia

By Admin

nusakini.com-- Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena pastikan kehadirannya pada Indian Ocean Rim Association (IORA) Leaders' Summit (KTT IORA), dan menyambut baik undangan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, tanggal 7-8 Maret mendatang di Jakarta. 

Kepastian tersebut disampaikan dalam kunjungan kehormatan Wakil Menteri Luar Negeri, Dr. A.M. Fachir kepada Presiden Sri Lanka di Kolombo, sekaligus menyampaikan undangan Presiden RI untuk menghadiri KTT IORA dan undangan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. 

KTT IORA tahun ini akan mengesahkan dan menandatangani IORA Concord sebagai bentuk komitmen politis para Kepala Negara/Pemerintah negara anggota IORA dalam mendorong penguatan regional di kawasan Samudra Hindia. KTT IORA di Jakarta akan menjadi tonggak bersejarah sebagai pertemuan Kepala Negara/Pemerintahan yang pertama. KTT IORA diharapkan akan dihadiri oleh para Kepala Negara/Pemerintahan Negara anggota IORA dan para Menteri Luar Negeri serta diikuti sejumlah organisasi internasional dan negara tamu. 

Kunjungan Presiden Sri Lanka bulan depan merupakan momen bersejarah, mengingat kunjungan terakhir Perdana Menteri Sri Lanka adalah pada tahun 1976. Kunjungan ini akan mempertajam hubungan bilateral antara Indonesia dan Sri Lanka yang akan diwujudkan melalui peningkatan kerja sama di sektor usaha kecil dan menengah, sektor perikanan dan pendidikan tinggi. 

Di sela-sela kunjungan kehormatan, Wamenlu RI juga melakukan pertemuan dengan 15 pebisnis di Sri Lanka yang bergerak di bidang furnitur, farmasi, bahan makanan dan kertas. Wamenlu RI mengundang pebisnis Sri Lanka untuk turut berpartisipasi pada IORA Business Summit, tanggal 6 Maret 2017 di Jakarta sekaligus menjadi bagian dari kunjungan kenegaraan Presiden Sri Lanka ke Indonesia. (p/ab)