Presiden Menilai 2 Faktor Inilah yang Menyebabkan Kemiskinan

By Admin


nusakini.com Jakarta - Ada 2 faktor utama yang menyebabkan masih berlangsungnya kemiskinan di negeri ini. Pertama adalah pertumbuhan ekonomi yang melambat dan yang terakhir adalah prihal  harga pangan. Pernyataan itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Kabinet Terbatas yang membahas program penanggulangan kemiskinan di Indonesia, di Kantor Presiden, Jakarta (!6/3/2016).

"Kami tahu bahwa angka kemiskinan itu penyebabnya memang sekarang ini karena pertumbuhan ekonomi yang melambat. Kemudian juga masalah yang berkaitan dengan harga beras," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar para pembantunya bisa memperhatikan soal harga beras. Menurut presiden, program-program pemerintahan tak akan bermanfaat jika harga bahan pangan pokok tersebut sulit dijangkau.

"Harga pangan yang tidak stabil dengan mudah akan menghilangkan semua dampak positif program-program yang telah kita lakukan dalam hal pengentasan kemiskinan," jelasnya

selanjutnya Jokowi meminta agar program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera bisa tersalurkan kepada masyarakat yang memang layak menerimanya. Pembagian kartu harus dilakukan paling lambat hingga April mendatang. Tak hanya itu, Presiden juga mengingatkan agar pemantauan terhadap Dana Desa terus dilakukan agar terjamin digunakan untuk program padat karya.(mk)