Presiden Korea Selatan Pertimbangkan Terapkan Larangan untuk Konsumsi Daging Anjing

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden Korea Selatan, Moon Jae In sedang mempertimbangkan kemungkinan penerapan larangan untuk mengkonsumsi daging anjing di negara tersebut.

Permintaan untuk daging anjing telah berkurang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, khususnya pada generasi muda.

Namun, diperkirakan sekitar satu juta anjing disembelih di Korea Selatan untuk konsumsi manusia setiap tahunnya.

Ketika sedang melakukan rapat dengan perdana menteri, Moon mempertanyakan apakah sudah saatnya Korea Selatan menerapkan larangan terhadap konsumsi daging anjing.

Ini adalah pertama kalinya presiden tersebut, yang dikenal sebagai penyayang anjing, membahas mengenai kemungkinan menerapkan larangan konsumsi daging anjing.

Moon membuat komentar tersebut ketika ia dijelaskan aturan-aturan baru untuk melindungi hewan terlantar di Korea Selatan.

Sudah ada hukum yang berlaku yang melarang penyembelihan kejam terhadap anjing dan kucing, namun konsumsi terhadap hewan-hewan ini tidak dilarang.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, warga Korea Selatan telah menolak untuk memakan daging anjing, khususnya karena semakin banyak dari mereka yang mengadopsi hewan sebagai peliharaan.

Sebagai hasilnya, tiga pasar daging anjing terbesar di negara tersebut telah ditutup karena bangkrut.

Sebuah poll yang diadakan pada tahun 2020 oleh Nielsen menyatakan 84% warga Korea Selatan tidak pernah mengkonsumsi daging anjing atau menyatakan mereka tidak ingin mengkonsumsinya lagi kedepannya. Mereka juga mengatakan 59% warga Korea mendukung larangan konsumsi daging anjing.