Presiden Jokowi Senantiasa Menunggu Nasihat Para Veteran

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, perjuangan para veteran, pejuang bangsa, sungguh menjadi sumber semangat kerja keras semuanya dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Karena itu, atas nama pribadi dan bangsa Indonesia, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas jasa besar para veteran, para pejuang kemerdekaan, para pembela kemerdekaan, dan penjaga kemerdekaan republik ini dalam membangun fondasi kokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam mempertahankan dan memperkuat ideologi bangsa, Pancasila.

“Sebagai generasi penerus, saya bersama seluruh bangsa Indonesia berkomitmen dan bekerja keras untuk terus mempertahankan, memperkokoh NKRI yang kita cintai bersama,” kata Presiden Jokowi saat menghadiri Penutupan Kongres XI Legiun Veteran Republik Indonesia Tahun 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/10) siang.

Kepala Negara menegaskan, bahwa bangsa Indonesia terus bekerja keras untuk mengamalkan Pancasila sebagai ideologi negara. Dan terus akan melanjutkan perjuangan para veteran untuk menjadikan Indonesia negara yang besar, negara yang kuat, negara yang disegani oleh negara-negara lain.

“Perjuangan yang menjadi tanggung jawab kami saat ini memang sangat berat. Kompetisi antar negara semakin sengit. Oleh karena itu, daya saing negara kita juga harus kuat,” ujar Kepala Negara.

Tidak ada kata lain, tegas Presiden, semua harus bersatu padu, menjaga persatuan, menjaga stabilitas politik, menjaga stabilitas ekonomi. Ia juga menambahkan bahwa Bangsa Indonesia juga harus mengembangkan sumber daya manusia (SDM), profesionalisme, mengawal generasi penerus, mengisi dengan nilai-nilai kejuangan, nilai-nilai perjuangan bagi kemajuan bangsa ini.

Presiden memahami bahwa menjaga kesatuan, menjaga persatuan wilayah yang terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun Presiden menegaskan, bahwa kita telah teruji oleh sejarah, telah terbukti bahwa NKRI itu sakti, Pancasila itu sakti.

“Saya yakin kita mampu memperkukuh Pancasila kita,” tegas Presiden Jokowi seraya menambahkan, kuncinya adalah meningkatkan semangat kebangsaan, jiwa patriotik, semangat bela negara, dan semangat pejuang, yang telah diwariskan para pejuang, para veteran.

Oleh karena itu, Kepala Negara mengaku senantiasa mengharapkan dan menunggu nasihat, saran-saran, bimbungan, masukan dari para veteran.

Presiden berharap Legiun Veteran Republik Indonesia untuk terus bersama pemerintah, memperkuat karakter bangsa, memperkuat karakter mental bangsa, membangun jiwa patriotik, meningkatkan bela negara dan semangat juang.

“Sekali lagi, kehadiran veteran sangat diperlukan untuk memberikan dorongan moral bagi generasi penerus, mewariskan nilai-nilai kejuangan, semangat juang dalam upaya internalisasi jiwa semangat nilai juang 45, menumbuhkan semangat juang, jiwa patriotik, berbakti kepada rakyat, dan nusa dan bangsa, serta memberikan masukan yang sebanyak-banyaknya kepada pemerintah,” kata Presiden Jokowi.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Menko Polhukam, Wiranto, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (p/ma)