Presiden Jokowi: Klorokuin Adalah Produk Buatan Kimia Farma

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penjelasan bahwa Klorokuin merupakan produksi dari Indonesia dalam hal ini Kimia Farma. ”Dan pada pagi hari ini saya juga ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan klorokuin. Ini adalah produksi negara kita, produksi Indonesia. Barang ini adalah produksi Indonesia, produksi Kimia Farma,” tutur Presiden usai pengecekan ke Wisma Atlet, Kemayoran, Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/3).

Klorokuin, menurut Presiden, bukanlah obat first line tetapi obat second line karena memang obat Virus Korona (Covid-19) ini belum ada dan juga belum ada antivirusnya.

Tetapi dari pengalaman beberapa negara, klorokuin ini sudah digunakan dan banyak pasien Covid-19 yang sembuh dan membaik kondisinya. Menurut Presiden, obat ini bukan obat bebas, jadi penggunaannya harus melalui resep dokter dan Pemerintah telah memiliki stok klorokuin sebanyak 3 juta.

”Jadi untuk pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter yang merawatnya klorokuin ini cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan,” kata Presiden.

Sebagai informasi, selain klorokuin, Pemerintah juga telah menyiapkan Avigan sebagai alternatif untuk pasien Covid-19.

”Obat ini sudah dicoba oleh 1, 2, 3 negara dan memberikan kesembuhan, yaitu Avigan. Kita telah mendatangkan 5 ribu, akan kita coba, dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kemudian yang kedua Chloroquine, ini kita telah siap 3 juta,” kata Presiden pada keterangan pers pada Jumat (20/3), di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.(p/ab)