Prabowo Sebut Harga Beras Indonesia Tertinggi di Dunia, Faktanya?

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyebut harga beras, daging dan daging ayam di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Ia pun berjanji untuk memperbaiki kondisi tersebut jika mendapatkan amanah untuk memimpin Indonesia.

"Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia. Demikian daging juga tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia. Perjuangan kami adalah untuk kita perbaiki keadaan ini dengan segera," kata Prabowo saat kampanye di Blora, Jawa Tengah, Kamis (14/2/19), seperti disiarkan Gerindra TV.

Menurut Prabowo, tingginya harga diperparah dengan kondisi ekonomi mayoritas rakyat Indonesia yang dalam keadaan sulit. Ia menyebut hal ini terjadi karena kebocoran kekayaan negara. Hal ini, menurut Prabowo, menyebabkan kekayaan yang seharusnya dinikmati masyarakat justru mengalir ke luar.

"Kalau tiap tahun kekayaannya mengalir keluar terus, ya ujungnya ambruk. Karena itu kita tidak ada uang di Indonesia. Gaji selalu kecil, pekerjaan selalu tidak ada. Lah uangnya dibawa keluar, yang ada sisa, sisa upah minimum," kata Prabowo.

Namun, dari penelusuran ternyata hal tersebut tidak benar.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh CEIC, harga beras rata-rata di Indonesia masih berada di angka US$ 1,01/kg. Jika dibandingkan dengan Singapura, harga beras ecerannya US$ 1,93/kg, sedangkan Myanmar harga beras ecerannya US$ 1,03/kg.

Itu pun belum membandingkan harga beras di negara lain diseluruh dunia. Jadi pernyataan Prabowo soal harga beras eceran Indonesia salah satu tertinggi di dunia, apakah patut dipertanyakan datanya? (s/ma)