Polres Palopo Gelar Latihan Pengendalian Massa

By Admin


nusakini.com - Palopo - Personel Polres Palopo dan jajaran melaksanakan kesiap siagaan Peleton Pengendalian Massa (Dalmas) dilanjutkan dengan latihan penindakan huru hara, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Palopo. 

Sebelum menggelar latihan Dalmas dilaksanakan terlebih dahulu Apel Kesiapsiagaan, dan giat itu dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Hajeri, didampingi Kasat samapta AKP Sadsali Kareba, dan para Perwira yang menjadi pelatih. Senin (24/01/2022). 

Program ini rutin dilaksanakan oleh Sat Samapta Polres Palopo dengan memberikan pelatihan kepada anggota yang mana bila menghadapi unjuk rasa, anggota Dalmas sebagai pengendali massa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah massa masuk suatu lokasi. 

Kabag Ops menjelaskan, “Kegiatan latihan dalmas tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan skill Anggota sat Samapta Polres Palopo terkait dengan penanganan kegiatan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah hukum Polres palopo dan juga persiapan memback up pengamanan yang ada jika diperlukan. 

Di tempat berbeda dalam ruangannya, Kasat Samapta AKP Sadsali Kareba menyampaikan bahwa “Maksud diberikanya latihan ini untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah di dapat selama pendidikan sehingga semua anggota Samapta Polres palopo dan jajaran yang bertugas di lapangan selalu siap dan mampu menghapi semua tantangan dalam bentuk ikatan kesatuan. 

Kegiatan ini harus kita rutinkan sebagai persiapan apabila kedepan terjadi unjuk rasa yang mana eskalasinya dapat saja meningkat menjadi anarkis massa, maka kita telah siap dengan segala kemungkinan, untuk itu saya tekankan kepada rekan rekan Samapta untuk serius dalam melaksanakan pelatihan ini’ Ujarnya  

Ditambahkan pula dari Kapolres Palopo AKBP H. Muh. Yusuf Usman SH., SIK., MT bahwa, “selain harus memiliki kemampuan teknik pengendalian massa, para personil satuan Samapta juga wajib memiliki pengetahuan tahapan penggunaan kekuatan kepolisian dalam menangani aksi massa sehingga diharapkan dalam pelaksanaan tugas di lapangan, para personil dapat mengaplikasikan teori dan praktek penanganan unjuk rasa dengan tegas dan terukur” jelasnya 

Sudah menjadi tugas utama kita untuk memelihara kamtibmas dan menegakan hukum termasuk nantinya melaksanakan pengamanan aksi massa dan saya berpesan kepada rekan – rekan Samapta untuk selalu semangat dalam pelaksanaan tugas, serta selalu niatkan langkah kita dalam bertugas sebagai amal ibadah”, tutupnya. (Hd)