Poktan GSG 07 Kembangan Panen Ratusan Kilogram Sayur Mayur

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kelompok Tani (Poktan) GSG 07, Jl Kampung Salo RT 08/07, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, berhasil memanen ratusan kilogram sayur mayur. Hasil panen tersebut sebagian dijual ke warga sekitar dan sebagian lagi di konsumsi oleh para anggota poktan

Kasmin (40), salah seorang anggota Poktan GSG 07 Kembangan menuturkan, pihaknya kali ini memanen sayur mayur seperti, 12 kilogram kangkung, delapan kilogram bengkuang, dan 230 kilogram labu madu yang menjadi komoditi unggulan Poktan GSG 07 Kembangan.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada warga yang mengonsumsi makanan olahan dari labu madu hasil panen kita seperti puding dan kue bolu berbahan dasar labu madu. Ini tentu menambah nilai ekonomis untuk warga sekitar juga," ujar Kasmin

Untuk kualitas komoditi yang dipanen, Kasmin percaya hasilnya sangat bagus. Terlebih, semua hasil panennya merupakan tanaman organik dan tidak menggunakan sedikitpun bahan kimia sehingga sangat aman dan sehat dikonsumsi masyarakat.

"Hasil pertanian kami semuanya organik jadi sangat aman dan sehat dikonsumsi masyarakat," katanya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, Iwan Indriyanto mengatakan, panen yang dilakukan Poktan GSG 07 Kembangan sudah rutin dilakukan setiap minggu dengan beragam jenis sayuran.

"Hasil panen ini sudah berhasil membuat ketahanan pangan di wilayah ini semakin baik, dan dapat meningkatkan nilai ekonomis bagi para anggota poktan maupun warga sekitar," tandasnya.