PM Turki Mengundurkan Diri

By Admin

nusakini.com--Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, mengumumkan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala pemerintahan Turki. "Saya memberitahu kepada anggota kami, sampai hari ini saya masih menjadi pemimpin. Namun, setelah ini, saya berada di antara kalian," ungkap Davutoglu, seperti dilansir Reuters, Jumat 6 Mei 2016.  

Kepada wartawan, Davutoglu mengatakan, tidak akan mencalonkan diri kembali dalam kongres partai, yang akan dihelat 22 Mei mendatang. Kendati demikian, Davutoglu tidak akan langsung meninggalkan partai yang membesarkan namanya itu. 

Berhentinya Davutoglu diprediksi akan mengganggu program negara-negara NATO. Sebab, saat ini sejumlah negara di Eropa membutuhkan bantuan Turki dalam mengendalikan krisis migrasi. Selain Eropa, Amerika Serikat juga butuh dukungan dari Turki untuk memerangi Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS). 

Usai Davutoglu mundur, pemerintah Turki berencana akan melakukan pemilihan anggota parlemen ketiga, yang bakal dihelat paling lambat 18 bulan dari sekarang.

Kepergian Davutoglu bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir, Davutoglu bersitegang dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Keduanya diketahui memiliki perbedaan pandangan.

Erdogan menginginkan sistem pemerintahan Turki berubah, dari parlementer menjadi presidensial. Namun, hal tersebut ditentang oleh Davutoglu, karena dianggap bakal menciptakan pemerintahan yang otoriter.

Dengan mundurnya Davutoglu, kemungkinan penggantinya adalah pendukung Erdogan, yang diduga bakal membantu terwujudnya sistem pemerintahan presidensial. (ab)