PLN Tegaskan Tidak Manipulasi Meteran Listrik

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menegaskan tidak melakukan manipulasi meteran listrik. Tagihan listrik yang membengkak yang dirasakan masyarakat murni karena adanya kenaikan penggunaan listrik. 

Hal itu dijelaskan Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero) Syofvi F. Roekman. Menurutnya, tagihan yang membengkak saat ini karena memang adanya carry over tagihan bulan sebelumnya. 

"Prinsipnya, kami di PLN tidak pernah melakukan adjustment tarif listrik. Karena itu domainnya Pemerintah yang bukan domainnya PLN. Lalu, kami memastikan kami tidak melakukan manipulasi meteran," ujar Syofvie dalam konferensi pers, Sabtu (6/6).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril juga tak menampik bahwa akan ada kenaikan tagihan listrik masyarakat. Ia menjelaskan tagihan bahkan bisa mencapai 60 persen dari tagihan sebelumnya.

"Makanya ada carry over. Kalau kita perhatikan ini, Mei akan tinggi sekali. Karena apa, bukan karena kami 'main'. Tapi karena pemakaian besar dan juga ada carry over yang kemarin," ujar Bob. (r/ab)