PLN Salurkan Bantuan Pendidikan Sebesar Rp 35 Miliar

By Admin


nusakini.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang disaksikan oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang dan General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY Dwi Kusnanto di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Senin (18/04/2016), menyalurkan bantuan pendidikan dari Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) PT PLN (Perseri) sebesar Rp 35 miliar.

Bantuan ini untuk 1.750 mahasiswa dari berbagai program studi pada 33 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di berbagai penjuru Indonesia, dengan sasaran program ini adalah mahasiswa yang ekonominya kurang mampu (dhuafa), namun prestasi akademiknya baik dari berbagai program studi yang dimiliki oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Program beasiswa LAZIS PLN ini diberi nama Cahaya Pintar. Khusus pemberian di Propinsi Jawa Tengah, diberikan kepada 200 mahasiswa dari 4 universitas negeri dan swasta, yaitu Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Institut Agama Islam Negeri. Total bantuan yang diberikan adalah senilai Rp 4 miliar.

Sumber dana beasiswa Cahaya Pintar berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN se-Indonesia melalui kebijakan Direksi yang memfasilitasi pemotongan zakat dari penghasilan pegawai secara otomatis terpusat (automatic payrollsystem).

Manajemen PLN berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahim dan kerjasama antar LAZIS PLN dengan pemerintah daerah serta institusi pendidikan untuk melahirkan generasi muda Indonesia yang berkualitas.

Selain itu, dalam kesempatan ini LAZIS PLN pun menyalurkan bantuan untuk Program Pesantren Bersih dan Kaderisasi Dakwah kepada 4 Pondok Pesantren dengan total nilai Rp 200 juta, Bantuan untuk SMK Nurul Barqi senilai Rp 260 juta, serta bantuan berupa Program Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Tani di 4 Kampung Lereng Gunung Merbabu.(if/mk)