PKK RW 05 Pela Mampang Panen Sayur dan Lele

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kelompok PKK RW 05, Kelurahan Pela Mampang memanen belasan kilogram sayuran dan puluhan kilogram ikan lele jumbo di Jalan Bangka Buntu II, Gang Kangkung. Kegiatan pertanian dan ternak ikan lele ini telah dijalankan sejak tahun lalu.

Lurah Pela Mampang, Mariana mengatakan, urban farming digalakkan sejak satu tahun lalu, dan sekarang sudah berkali-kali dirasakan manfaatnya oleh warga. Urban farming di RW 05 dilakukan secara hidroponik dan tanam dengan pot di pinggir gang masuk.

Jenis sayuran yang ditanam yaitu kangkung, sawi, cabai, selada, kemangi, tomat, seledri, okra merah, terong, pakcoy dan jeruk limau.

“Hari ini kita panen kangkung lima kilogram, cabe dua kilogram dan tomat dua kilogram. Hasil panen kita jual dengan harga Rp 2.500 per ikat untuk kangkung. Sedangkan cabai dan tomat dibagikan ke kader,” katanya

Kelompok ini pun cukup kreatif untuk mengolah sampah daun-daun menjadi pupuk kompos. Sehingga tidak ada kandungan kimia di tanaman hasil pertanian Kelompok PKK ini.

Ketua Kelompok PKK RW 05 Suharti menambahkan, selain urban farming Kelompok PKK RW 05 juga memiliki kolam gizi sepanjang tiga meter dengan lebar dua meter. Kolam gizi tersebut dibagi menjadi dua sekat yang diisi puluhan ikan lele siap panen dan bibit.

“Hari ini kita panen 20 kilogram lele, hasil panen kita buat bakso dan nuget lele untuk makanan gizi tambahan Posyandu, dan dijual ke warga. Biasanya warga sudah langsung memesan,” tandasnya.

Hasil penjualan akan dibelikan bibit lagi. Selain itu sebanyak 20 kilogram lele juga dipanen di kolam gizi sepanjang tiga meter, dengan lebar satu meter.(pr/kj/al)