Pilih Ikan Tawar Atau Ikan Laut ?

By Admin


nusakini.com - Indonesia kaya akan hasil ikannya, dari laut maupun dari hasil ternak atau piaraan. Ikan juga merupakan salah satu jenis lauk pauk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setelah daging dan telur, karena ikan sangat mudah didapat. Pada ikan terdapat banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Ikan merupakan makanan yang banyak digemari, dari kedua jenis ikan ini sama-sama memiliki kandungan gizi yang baik seperti EPA dan DHA yang terdapat dalam omega 3 ikan.

Ikan air tawar juga mengandung omega 3 namun tidak sebanyak yang dimiliki ikan air laut. Omega 3 ikan air tawar didapat dari pakan ikan yang dimakan sifatnya buatan atau olahan manusia. Ikan air tawar juga banyak mengandung vitamin A, zat besi, fosfor dan kalsium.

Dari kedua jenis ikan tersebut  masing masing jenisnya perlu diperhatikan pemilihannya karena ikan air laut punya resiko tercemar polusi limbah pabrik dan tambang minyak sedangkan ikan air tawar resikonya tercemar karena tercampur air irigasi yang mengandung zat zat yang tak layak konsumsi atau tercemar seperti pestisida.

Kalau ikan air laut kaya akan omega 3, karena omega 3 sangat baik sekali untuk kesehatan jantung, baik untuk kesehatan ibu hamil untuk pertumbuhan janin juga perkembangan otak.

Ada berbagai Cara untuk pengolahan ikan yang lezat tanpa harus menghilangkan nutrisinya seperti dibakar atau dikukus tentunya dibubuhi dengan bumbu rempah atau sesuai selera. Karena habitat hidupnya yang berbeda, ikan air laut biasanya memiliki rasa gurih alami sehingga cukup menggunakan bumbu sederhana untuk hasilkan hidangan yang lezat, sebaliknya ikan air tawar perlu dibumbui dengan berbagai bumbu dengan cita rasa yang kuat untuk mengangkat cita rasa ikan nya.

Namun ikan air laut dan ikan air tawar sama baiknya karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga tetap terjaga kesehatan. (sr/eg)