Piala Asia 2007, Momen Berkesan Maman Abdurrahman Bersama Timnas Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Maman Abdurrahman pernah menjadi andalan lini belakang Tim Nasional Indonesia senior pada 2006-2010. Sebelumnya pemain kelahiran 12 Mei 1982 ini juga menjadi pilar Timnas U-22 pada 2003-2005.

Di level senior, Maman sempat bersaing dengan bek papan atas Indonesia lainnya seperti Hamka Hamzah, Charis Yulianto dan Nova Arianto. Namun Maman hampir pasti menjadi pilihan utama karena kemampuannya yang kuat bola atas. 

Empat tahun berseragam Timnas senior membuat Maman merasakan sejumlah turnamen bergengsi. Namun gelaran Piala Asia 2007 menjadi momen spesial yang sulit dilupakan Maman hingga kini. 

Pada turnamen tersebut Maman selalu menjadi pilihan utama bersama Charis Yulianto di jantung pertahanan. Tim Garuda yang berada di grup neraka bersama Bahrain, Arab Saudi dan Korea Selatan menjadi perhatian karena penampilan spartan. Bahrain pun dilibas 2-1, meski akhirnya kalah tipis dari Arab Saudi dan Korsel. 

“Piala Asia 2007 merupakan momen spesial bagi saya. Di turnamen tersebut kali pertama saya dipercaya menjadi inti di saat usia saya masih 25 tahun. Saya ingat betul bagaimana atmosfer GBK meski akhirnya kita gagal lolos babak grup,” ujar pemain terbaik Liga Indonesia 2006 ini.(p/ab)