Piala AFF U-19: Indonesia vs Thailand Tanpa Gol, Cahya Supriadi Jadi Bintang

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta - Thailand mampu memaksa Timnas Indonesia U-19 berbagi angka setelah bermain imbang tanpa gol dalam lanjutan Piala AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam.

Tampil dengan kekuatan terbaiknya, Garuda Nusantara sejatinya mampu menguasai jalannya pertandingan di babak pertama. Beberapa kesempatan tercipta salah satunya lewat sontekan Kakang Rudianto.

Namun, cederanya Marselino Ferdinan di penghujung babak pertama menjadi sebuah titik balik. Thailand berhasil mengambil alih lapangan tengah dan melancarkan tekanan ke pertahanan tuan rumah.

Berdasarkan catatan Lapangbola, secara keseluruhan Thailand berhasil mengemas penguasaan bola yang lebih baik. Mereka unggul tipis 51% berbanding 49% dari skuad arahan Shin Tae-yong tersebut.

Dengan penguasaan bola yang lebih mumpuni, terutama di babak kedua. Thailand pun jadi lebih banyak melepaskan tembakan yang mengancam gawang Timnas Indonesia U-19.

Tim Gajah Putih mampu melepaskan 13 tembakan dengan enam diantaranya mengarah ke gawang. Tetapi Cahya Supriadi bermain gemilang di bawah mistar untuk mementahkan setiap serangan.

Sementara itu, Indonesia hanya mengemas delapan tembakan saja. Dan hanya ada tiga yang mengarah langsung ke gawang Thailand.

Bermain sederhana dengan mengalirkan bola dari ke kaki ternyata bukan perkara yang mudah. Bahkan, tim muda Thailand juga kesulitan melakukannya di pertandingan ini.

Mereka mencoba melepaskan umpan sebanyak 367 kali di pertandingan ini. Tetapi akurasi umpan Thailand hanya menyentuh angka 76%.

Sementara Indonesia yang hanya selisih empat umpan dari Thailand, justru sedikit lebih baik. Akurasi umpan mereka berada satu strip di atas sang lawan alias berada di angka 77%. (Bola.com)