Piala AFF U-19 2022: Bermain Imbang, Pelatih Vietnam Puji Permainan Garuda Muda

By Abdi Satria


nusakini.com-Bekasi - Pelatih Timnas Vietnam U-19, Dinh The Nam, bersyukur dengan raihan hasil imbang tanpa gol melawan Timnas Indonesia U-19 pada laga pembuka Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022). Dinh The Nam menyebut timnya kewalahan meladeni permainan pasukan Shin Tae-yong.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Timnas Vietnam U-19 mendapatkan tekanan sejak awal babak pertama. Timnas Indonesia U-19 menggempur lini pertahanan Vietnam dari segala penjuru.

Beruntung tak ada gol yang tercipta pada babak pertama. Situasi pada babak kedua pun tak berubah, Timnas U-19 tetap memberikan tekanan besar untuk Vietnam.

Permainan ritme cepat membuat para pemain Vietnam kerap terjatuh dan mengalami kram. Namun, situasi ini gagal dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 untuk mencetak gol sehingga harus puas bermain imbang tanpa gol.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam sama-sama meraih satu poin pada laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022. Timnas U-19 berada di urutan keempat, sedangkan Vietnam di posisi ketiga klasemen sementara.

Pelatih Dinh The Nam, secara khusus memuji permainan Timnas Indonesia U-19. Menurut Dinh The Nam, Vietnam kesulitan untuk mengembangkan permainan karena mendapatkan banyak tekanan dari Timnas U-19.

"Laga pertama ini bermain di depan para suporter sangat menyenangkan. Namun, itu memengaruhi para pemain kami di atas lapangan," kata Dinh The Nam setelah pertandingan.

"Para pemain kami tidak bisa menjalankan taktik dengan baik. Para pemain Timnas Indonesia U-19 juga bermain bagus dan mereka menunjukkan semangat yang tinggi. Sehingga itu menyulitkan buat para pemain kami," ucap Dinh The Nam.

Pelatih Dinh The Nam juga memaklumi kondisi fisik pemainnya yang menurun drastis dalam pertandingan melawan Timnas Indonesia U-19. Itu terlihat dengan seringnya para pemain jatuh dan mengalami kram.

"Skuad ini berisikan banyak pemain muda yang berusia di bawah 19 tahun. Jadi mereka merasakan tekanan, apalagi bermain pada pertandingan pertama di turnamen," ucap Dinh The Nam.

"Hal itu memengaruhi fisik mereka juga saat pertandingan. Para pemain sebenarnya bermain bagus, menciptakan banyak peluang, tapi sentuhan akhirnya sangat buruk," tegas Dinh The Nam.

Pelatih Dinh The Nam juga menyayangkan banyaknya peluang yang terbuang dalam laga melawan Timnas Indonesia U-19. Menurutnya, Vietnam layak meraih kemenangan karena banyak dapat peluang.

"Kami tidak puas dengan hasil ini. Apalagi para pemain kami merasakan tekanan dalam laga ini," ucap Dinh The Nam.

"Satu poin pada laga perdana ini. Apalagi dengan permainan kami yang juga membuahkan banyak peluang itu sangat disayangkan," ujar pelatih asal Vietnam itu. (bola.com)