Phuket Membuka Pintu untuk Wisatawan Asing

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pulau Phuket, Thailand adalah destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan asing. Namun pulau ini sempat ditutup dari wisatawan luar negeri selama 15 bulan karena pandemi. Sekarang, pulau ini mulai membuka pintu untuk wisatawan asing yang sudah divaksin dan mereka tidak harus dikarantina lagi saat tiba.

Pada hari Kamis (1/7) sekitar pukul 11 pagi, 25 penumpang tiba di Bandara Internasional Phuket dari Abu Dhabi. Penerbangan ini adalah penerbangan pertama dari empat penerbangan yang akan tiba di Phuket pada hari Kamis dan membawa 400 wisatawan yang sudah divaksinasi. Mereka berasal dari Doha, Tel Aviv, Singapura, dan Abu Dhabi sebagai bagian dari program "Phuket Sandbox".

Dilansir dari CNN, Menterei Pariwisata Thailand, Phiphat Ratchakitprakarn mengatakan program Phuket Sandbox ini dibutuhkan untuk memulai ulang perekonomian Thailand yang dipengaruhi oleh efek pandemi.

Pada tahun 2019, pendapatan Thailand dari sektor pariwisata dengan wisatawan domestik dan internasional adalah 3 triliun baht (sekitar 1,3 triliun rupiah), tetapi pada tahun 2020, pendapatan ini menurun menjadi 800 milyar baht (sekitar 362 milyar rupiah) saja.

Phiphat mengestimasikan sekitar 100.000 wisatawan internasional akan tiba di Phuket dalam tiga bulan pertama sejak pembukaan ulang pulai ini. Diproyeksikan program ini akan memiliki pendapatan sekitar 9 milyar baht (sekitar 4 milyar rupiah).

Selain pulau ini, Thailand masih menghadapi gelombang ketiga yang terburuk dari pandemi. Pada hari Kamis (1/7), Thailand melaporkan 57 kematian dan 5.533 kasus baru. Jumlah kasus terbanyak berasal dari Bangkok.

Phiphat tetapi bersikeras bahwa Phuket sudah pantas untuk dikunjungi. Ia menyatakan jika hanya fokus pada jumlah kasus di Phuket, para wisatawan akan percaya bahwa Phuket sudah 100% siap.