PGN Bakal Jadi Anak Usaha Pertamina

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan holding BUMN energi akan dilaksanakan tahun ini. Nantinya, PT Pertamina (Persero) akan menjadi induk dari holding tersebut, sementara PT Perusahaan Gas Negara (Persero) akan jadi anak usaha Pertamina.

Menteri BUMN, Rini Soemarno menjelaskan, skema holdingisasi perusahaan pelat merah adalah dengan BUMN yang kepemilikan sahamnya 100% oleh negara akan memegang perusahaan BUMN yang lain. Saat ini, kajian mengenai holdingisasi tersebut telah rampung dan telah berada di Kementerian Keuangan. 

"‎Kemarin saya sudah bicara dengan Menteri Keuangan yang sudah selesai adalah Pertamina kita akan ajukan PP nya, dan semoga ada tiga lagi yang akan selesai yaitu jalan tol, tambang, dan keuangan," katanya di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (13/4/2016) 

Rini menambahkan, masuknya PGN menjadi anak usaha Pertamina akan dilakukan dengan transaksi inbreng atau dengan memasukkan harta yang bukan berupa uang tunai melainkan dalam bentuk aktiva‎ dari para pemegang saham dalam penyertaan modal perseroan. 

"Jadi nanti kita juga harus melaporkan ini tentunya ke DPR. Tapi prosesnya sedang berjalan semua. Kemarin bicara ke Kemenkeu yang akan selesai Pertamina dan ada beberapa yang selesai lagi. Nantinya tentunya akan kita laporkan. Insya Allah kalau bisa kita sebelum hari raya. Tahun ini rencananya‎," tegasnya nya. (ip/mk)