Peserta HBKB di Jl Pemuda Diedukasi Penanganan Kebakaran

By Al


nusakini.com - Jakarta - Peserta kegiatan car free day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jl Raya Pemuda Rawamangun, Pulogadung diedukasi mengenai pencegahan dan penanganan kebakaran. 

Dalam kegiatan ini, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, mendirikan stan di sisi utara Jl Raya Pemuda. Di sana delapan petugas memberikan edukasi pada masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, sosialisasi pencegahan ini bagian dari layanan jemput bola yang dilakukan oleh pihaknya.

"Dalam kegiatan HBKB ini para warga diedukasi mengenai pencegahan dan penanganan kebakaran secara teori dan praktik," ujarnya

Dijelaskan Edi, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengedukasi warga mengenai cara memadamkan api menggunakan handuk basah.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memperkenalkan peralatan kerja petugas pemadam, seperti pakaian dinas lapangan, jaket anti api, sepatu boot, kapak, helm, snorkel, mobil serta membagikan brosur tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Rusli (34), salah seorang warga mengapresiasi kegiatan sosialisasi seperti ini.

"Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi warga," tandasnya.