Pertumbuhan Kredit Diyakini Bakal Naik di Kuartal II-2016

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Bank Indonesia (BI) dalam survei perbankan terbarunya mencatatkan optimisme responden terhadap pertumbuhan kredit akan terus meningkat pada kuartal II-2016.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan kredit baru pada kuartal I 2016 masih melambat. "Perlambatan pertumbuhan kredit baru tersebut diperkirakan akibat belum tingginya kebutuhan pembiayaan korporasi pada awal tahun ," tulis BI dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Bank sentral menyebut, perlambatan tersebut terjadi seiring dengan kebijakan perbankan yang selektif dalam pemberian kredit untuk menekan kenaikan risiko kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL).

"Sejalan dengan perkiraan peningkatan pertumbuhan kredit baru pada kuartal II 2016, hasil Survei Perbankan juga mengindikasikan optimisme responden terhadap pertumbuhan kredit keseluruhan tahun 2016," ujar bank sentral.

Hal itu tecermin dari perkiraan pertumbuhan kredit tahun 2016 sebesar 12,3 persen secara tahunan (yoy), lebih tinggi dari 12 persen (yoy) pada hasil survei kuartal sebelumnya.

"Peningkatan tersebut terutama didorong perkiraan kondisi ekonomi Indonesia yang semakin membaik, penurunan suku bunga kredit, penurunan risiko penyaluran kredit, dan peningkatan kondisi likuiditas bank. Sementara itu, rata-rata suku bunga dana dan kredit sampai dengan akhir tahun 2016 diperkirakan berada dalam tren penurunan," jelas BI.(mk)