Pertamina Tandatangani SHA Proyek Geothermal Seulawah Aceh

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Aceh melalui Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) dan PT Pertamina Geotehrmal Energy menandatangani Shareholder"s Agreement (SHA) atau Perjanjian Pemegang Saham proyek Goethermal Seulawah di Pendopo Gubernur Aceh, Selasa (10/5)

Perjanjian ditandatangi oleh Direktur Utama Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh, Muhsin dan Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), Irfan Zainuddin dan di saksikan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto. 

"Pembahasan Shareholder"s Agreemant tersebut sudah berlangsung selama dua tahun dan baru dapat diselesaikan dan ditandatangani sekarang ini oleh kedua belah pihak," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Aceh T Syakur. 

Syakur menjelaskan sebagai pemenang tender proyek Geothermal Seulawah, Pertamina disyaratkan bermitra dengan Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) dalam mengelola proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Seulawah Agam.

"Penandatangan perjanjian ini adalah kunci utama. Dengan telah ditandatanganinya SHA ini, kami akan segera memberitahukan kepada BAPPENAS, Ditjen. EBTKE Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan KfW, karena mereka sangat menantikan penandatanganan SHA ini sebagai bukti dan bentuk keseriusan kedua pihak," katanya. 

Syakur mengatakan pada tahap selanjutnya, PT Pertamina Geothermal Energy dan PDPA akan mendirikan perusahaan baru sebagai perusahaan patungan yang diberi nama PT Geothermal Energy Seulawah (PT. GES). (p/ab)