Pertamax Turbo Hadir Di Pekanbaru

By Admin

nusakini.com-- Sebagai bentuk inovasi dan menjawab tantangan akan kebutuhan bahan bakar yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) Marketing Region I Sumbagut meluncurkan varian BBM baru yaitu Pertamax Turbo yang berlokasi di SPBU 14.282.685 Jl. Soekarno-Hatta, Simp. SKA, Pekanbaru, Riau. 

  Pertamax Turbo adalah jenis bahan bakar minyak untuk kendaraan dengan angka oktan 98. Saat ini di provinsi Riau terdapat 137 dari 154 SPBU yang melayani penjualan Pertamax Turbo dan dalam waktu dekat jumlah tersebut akan bertambah. Untuk wilayah Riau dijual dengan harga Rp 8.850 per liter. Kualitas BBM Pertamax Turbo juga jauh lebih baik sehingga membuat akselerasi mesin lebih baik dan gas buang mesin kendaraan lebih ramah lingkungan. 

  Pada peluncuran Pertamax Turbo kali ini, Pertamina melakukan initial filling ke mobil Lamborghini sebagai official partner Pertamax Turbo. Dengan diluncurkannya Pertamax Turbo membuat varian bahan bakar khusus Pertamina bertambah. Sebelumnya Pertamina telah memiliki beberapa bahan bakar berkualitas seperti Pertalite, Pertamax, Dexlite dan Pertamina Dex. Pertamina berharap dengan diluncurkannya produk Pertamax Turbo membuat konsumen menjadi lebih mudah untuk mencari dan memilih bahan bakar yang terbaik untuk kendaraannya. 

  Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin, hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus yang memiliki Research Octane Number minimal 98, serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF). 

  Pertamax Turbo diujicoba untuk penggunaan dalam ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European pada awal Januari 2016, di Sirkuit Vallelunya, Italia. Keberhasilan tersebut diikuti dengan kerja sama antara Pertamina dan Centro Petroli Roma (CPR) selaku mitra Lamborghini dalam pendistribusian bahan bakar Pertamax Turbo ke sirkuit-sirkuit di seluruh Eropa. Hingga saat ini Pertamax Turbo sudah digunakan di 4 balapan yakni di Monza-Italia, Silverstone – UK, Paul Richard-Perancis, dan Spa Francorchamps - Belgia. 

  Pertamax Turbo memiliki keunggulan dapat meningkatkan kemudahan kendaraan untuk dikendarai sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin, sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12. 

Di saat bersamaan, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara juga meluncurkan produk Pertamax RON 92 di 4 (empat) SPBU yang tersebar di provinsi Riau yaitu SPBU COCO 11.282.604 Pekanbaru-Ababil, SPBU COCO 11.288.601 putri tujuh Dumai, SPBU 14.284.699 Kampar dan SPBU 14.282.648 Jl. Siak II, Pekanbaru. Harga produk Pertamax RON 92 tersebut akan dijual dengan harga Rp 7.700,- dan rencana kedepannya Pertamina MOR I akan menambah jumlah outlet SPBU yang menjual produk Pertamax RON 92.

  Pertamax RON 92 merupakan salah satu produk bahan bakar khusus (BBK) Pertamina yang memiliki spesifikasi Research Octane Number (RON) lebih tinggi dari Premium dan Pertalite sehingga pembakaran di dalam mesin lebih sempurna. Selain itu, bahan bakar Pertamax merupakan bahan bakar bebas timbal dan bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal. Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak, tidak sesuai dengan gerakan piston. Gejala inilah yang dikenal dengan 'knocking' atau mesin 'ngelitik'. (p/ab)